Sukses

Ratusan Napi Beragama Budha Dapat Remisi

Perayaan Waisak kali ini disyukuri ratusan warga yang terlibat masalah hukum di Medan. Sebanyak 130 narapidana beragama Budha mendapat remisi.

Liputan6.com, Medan: Menyambut Tri Suci Waisak, Jumat (28/5), sebanyak 130 narapidana beragama Budha di Medan, Sumatra Utara, mendapat remisi. Kegiatan tahunan saat perayaan hari keagamaan ini dikhususkan untuk para warga binaan yang berkelakuan baik.

Di Jambi, ribuan umat Budha mengitari kompleks percandian seluas 20 hektare sambil membawa lidi dan melantunkan doa. Di akhir prosesi, mereka mengadakan sembahyang di depan patung Budha kemudian bersemedi dan berdoa.

Sedangkan di Mojokerto, Jawa Timur, ribuan umat Budha merayakan di Mahavihara Bejijong, Trowulan. Sambil membawa bunga, umat terus melantunkan doa sebelum memasuki ruang dengan patung Budha. Di dalam ruang tersebut mereka berdoa dan mengumnpulkan berbagai bentuk sesajen seperti makanan dan buah-buahan.

Berbeda dengan daerah lain, umat Budha di Bali memiliki cara unik. Sebelum mengakhiri acara, mereka melepas burung sebagai lambang kebebasan. Masing-masing mereka juga diberi percikan air yang melambangkan kesucian.(TES/YUS)


* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.