Sukses

Sawah di Ciamis Terendam Banjir

Puluhan hektare sawah di daerah Ciamis, Jawa Barat, terendam banjir. Bahkan areal persawahan terlihat seperti danau.

Liputan6.com, Ciamis: Hujan yang terus mengguyur wilayah Ciamis, Jawa Barat, menyebabkan puluhan hektare persawahan di Kecamatan Padaherang dan Kalipucang, Kabupaten Ciamis, terendam banjir. Bahkan areal persawahan terlihat seperti danau. Padahal, para petani baru saja menanam bibit padi.

Kondisi tersebut sangat merugikan para petani. Jika banjir tidak segera surut, tanaman tersebut akan membusuk. Dan para petani harus menanggung kerugian yang cukup besar.

Genangan air bukan hanya akibat hujan deras bebarapa hari terakhir. Luapan Sungai Cirapuhan yang tidak bisa mengalir ke Sungai Citanduy memperparah keadaan. Akhirnya, luapan masuk ke persawahan milik warga. Kondisi ini diperparah posisi persawahan yang lebih rendah dibandingkan Sungai Citanduy.

"Sawah saya kebanjiran, bahkan semua juga terkena banjir. Padahal baru ditanam padinya. Jika kondisi sudah surut, kami akan kembali menanam padi," kata Sukandi, petani di desa itu.  "Kami telah dua kali menanam padi."(IDS/SHA)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.