Sukses

Peserta Ujian Ulang Diantar Jemput

Demi melihat anak didiknya berhasil dalam ujian nasional ulangan, pihak sekolah di sebuah SMP di Blora, Jateng, rela mengantar jemput para muridnya.

Liputan6.com, Blora: Mengerjakan soal ujian nasional ulangan, bagi para siswa sekolah menengah pertama di Blora, Jawa Tengah ternyata sama sulitnya dengan soal ujian nasional. Ditambah lagi, pengalaman tidak lulus pada ujian nasional membuat mental mereka terpukul.

Hal tersebut seperti dialami para siswa dari sejumlah SMP di Rayon Blora. Dari pantauan SCTV, Senin (17/5), dengan grogi mereka mengerjakan soal ujian nasional ulangan yang dilaksanakan serentak di SMPN 1 Jepon. Rasa grogi dan takut tentu dimaklumi. Maklum, standar nilai kelulusan pada ujian nasional ulangan sama persis dengan standar nilai pada ujian nasional utama. Untuk itu, tak jarang perasaan berkecamuk memenuhi benak para siswa hingga membuyar konsentrasi belajar.

Melihat kenyataan itu, pihak sekolah tidak tinggal diam. Demi memompa semangat anak didiknya, para guru berusaha memberi motivasi. Caranya dengan mengantar jemput para siswa. Hal itu seperti dilakukan SMP PGRI Kedungtuban. Jarak 30 kilometer dirasa bisa menguras tenaga para siswa, sehingga akan berpengaruh terhadap daya pikir dalam menjawab soal ujian.

Selama di lokasi ujian pun, para guru tetap memberi dorongan semangat supaya rasa grogi yang bergelayut di benak para siswa hilang. Di wilayah Rayon Blora, ada 72 siswa yang tidak lulus ujian nasional dan diharuskan mengikuti ujian ulangan. Rata-rata mereka tidak lulus pada pelajaran Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia.(BJK/ANS)


* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini