Sukses

Polisi Tangkap Puluhan Warga Kwamki

Konflik antarwarga di Kwamki Lama, Timika, Papua, belum juga reda. Polisi sudah menangkap 60 warga yang selama ini diketahui sebagai komandan perang kedua kelompok dan warga yang ikut berperang.

Liputan6.com, Timika: Aparat kepolisian di Timika, Papua, Senin (17/5), mengejar warga yang masih saja menggelar perang terbuka di kawasan Kwamki Lama. Di Kelurahan Harapan, perang belum juga reda. Saat pagi buta, kedua kubu sudah saling serang.

Imbauan menghentikan perang tak juga dihiraukan kedua pihak. Polisi kemudian bertindak tegas dengan memberikan tembakan peringatan. Saling kejar antara polisi dan warga, tak terhindarkan. Polisi menangkap dan menyita senjata tradisional warga yang ikut bertikai.

Hingga sore hari, setelah penyisiran, polisi menangkap 60 warga, termasuk yang menjadi komandan perang. Perang antarwarga kelompok bawah dan kelompok atas di Kwamki Lama, sudah berulang kali terjadi. Bentrokan juga terjadi Sabtu silam. Mereka menggunakan senjata tradisional seperti panah beracun dan tombak.

Ketika polisi tiba, perang pun berhenti, namun setelah polisi pergi, perang kembali berlanjut. Tak ada yang menang dan tidak ada yang kalah. Hanya kesedihan yang didapat dari kematian seorang warga [baca: Konflik Berlarut, Warga Minta Pemda Bertindak].(IDS/ANS)


* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini