Sukses

Lumpur Lapindo Kembali Semburkan Cairan Hitam

Semburan lumpur Lapindo untuk kedua kalinya mengeluarkan cairan hitam yang diduga minyak. BPLS mengakui belum ada penelitian mendalam soal cairan tersebut, karena cairan tersebut merupakan hidrokarbon senyawa minyak.

Liputan6.com, Sidoarjo: Semburan lumpur Lapindo untuk kedua kalinya mengeluarkan cairan hitam yang diduga minyak. Namun Badan Pelaksana Penanggulangan Lumpur Sidoarjo (BPLS), Rabu (12/5) mengakui belum ada penelitian mendalam soal cairan tersebut dan belum bisa dipastikan, karena cairan hitam tersebut adalah hidrokarbon yang merupakan senyawa minyak.

Cairan hitam yang mengalir di atas air didalam kotak penampungan lumpur muncul sejak beberapa hari ini. Debit atau jumlahnya semakin hari semakin banyak. Munculnya cairan hitam ini berasal dari pusat semburan lumpur Lapindo, lalu mengalir ke kolam penampungan lumpur.

Sayang hingga kini belum ada penelitian yang mendalam terkait munculnya cairan hitam ini. Apakah mungkin didalam semburan lumpur Lapindo terdapat sumber minyak yang cukup besar atau justru sebaliknya. Penelitian terakhir dilakukan oleh Lembaga Minyak dan Gas (Lemigas) setahun yang lalu, namun hingga kini belum ada hasilnya.(PAG/AYB)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.