Sukses

Air Tercemar Limbah, Warga Lima Kecamatan Resah

Warga lima kecamatan di Kabupaten Bekasi, Jawa Barat resah dengan makin tercemarnya air Kali Cikarang, dan sumur akibat limbah pabrik. Warga di Kecamatan Cikarang, Suka Tani, Suka Karya, Cabang Bungin, dan Muara Gembong mengaku gatal-gatal setelah menggunakan air yang tercemar limbah.

Liputan6.com, Bekasi: Warga lima kecamatan di Kabupaten Bekasi, Jawa Barat resah dengan makin tercemarnya air Kali Cikarang, dan sumur akibat limbah pabrik, Ahad (2/5). Warga di Kecamatan Cikarang, Suka Tani, Suka Karya, Cabang Bungin, dan Muara Gembong mengaku gatal-gatal setelah menggunakan air yang tercemar limbah.

Menurut warga sebernya pencemaran Kali Cikarang sudah lama seiring dengan maraknya pertumbuhan pabrik diwilayahnya. Namun pencemaran kian hari kian parah, dan saat ini sudah merembes ke air sumur milik warga. Sejumlah warga mengaku terpaksa menggunakan air yang tercemar karena tidak memiliki uang untuk membeli air bersih.

"Saya terpaksa menggunakan air kali untuk mencuci maupun mandi, meski dengan resiko badan menjadi gatal-gatal, sebab tidak punya uang untuk membeli air bersih" kata Limin, seorang nenek tua, warga Desa Suka Murni, Kecamatan Suka Karya. Sedangkan warga lainnya, Marti mengaku sudah beberapa hari terakhir ini sumurnya tercemar limbah, sehingga airnya tidak bisa digunakan lagi.

Hingga saat ini ada beberapa kecamatan di Kabupaten Bekasi yang airnya tercemar limbah pabrik. Belum diketahui dari mana asalnya limbah mengingat banyaknya industri yang ada di sepanjang Kali Cikarang. Parahnya lagi Pemda Bekasi yang seharusnya menjadi pengawas seolah-olah lepas tangan.(AYB)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini