Sukses

FPI Bubarkan Seminar Waria di Depok

Puluhan orang langsung membubarkan seminar yang dihadiri para waria dan perwakilan Komnas HAM di sebuah hotel di Depok, Jawa Barat. Mereka juga mengamuk dan merusak meja dan kursi tempat seminar berlangsung.

Liputan6.com, Depok: Puluhan orang yang tergabung dalam Front Pembela Islam (FPI) dan Laskar Pembela Islam (LPI) mendatangi Hotel Bumi Wiyata di Jalan Margonda Raya, Beji, Depok, Jawa Barat, Jumat (30/4). Sekalipun polisi mencoba menghadang, massa yang hendak membubarkan acara para waria (wanita pria) ini tetap menerobos ke hotel.

Di sebuah ruangan tempat berlangsungnya acara, massa kembali dihadang. Namun, lagi-lagi aparat kepolisian, baik dari Kepolisian Sektor Beji maupun Kepolisian Resor Depok, tak mampu menghalaunya. Sontak, acara yang sedang berlangsung di ruangan tersebut menjadi rusuh.

Massa yang sudah dibakar emosi meminta acara dibubarkan. Bahkan, sejumlah gelas dan piring hancur menjadi sasaran amuk massa. Salah seorang pembicara yang juga perwakilan dari Komisi Nasional Hak Asasi Manusia, Zaenal Abidin, turut menjadi sasaran kemarahan massa saat mencoba menjelaskan materi acara. Salah seorang anggota FPI pun memukulnya. Usai beraksi, massa pun membubarkan diri. Kendati demikian, mereka tetap mengancam akan kembali jika acara tetap berlangsung.

Terkait peristiwa itu, menurut Kepala Polres Depok Komisaris Besar Pol. Saidal Mursalin, pihaknya masih menyelidiki aksi pembubaran paksa oleh FPI. Ia juga mengatakan penyelenggara meminta izin untuk melakukan seminar, namun belum diketahui akan dilakukan kontes waria atau tidak.

Buat menghindari amuk massa yang lebih besar ke Hotel Wiyata, para waria langsung dievakuasi polisi dengan menggunakan bus yang dikawal. Sedangkan sejumlah personel Polres Depok masih berjaga-jaga.(ANS)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini