Sukses

Semburan Gas Muncul di Bekas Gudang Semen

Semburan gas bercampur lumpur kembali menyembur di bekas gudang semen di Siring Barat, sekitar Jalan Raya Porong, Sidoarjo, Jawa Timur.

Liputan6.com, Sidoarjo: Semburan gas bercampur lumpur kembali menyembur di bekas gudang semen di Siring Barat, sekitar Jalan Raya Porong, Sidoarjo, Jawa Timur, sejak Selasa (27/4) malam. Kandungan gas mudah terbakar yang terbawa dalam semburan dilaporkan mencapai 35 persen. Bahkan, lumpur sempat meluber ke luar bangunan yang terletak 800 meter dari pusat
semburan lumpur Lapindo itu.

Munculnya semburan gas bercampur lumpur itu, menurut petugas Badan Penanggulangan Lumpur Sidoarjo (BPLS), dikarenakan beban volume lumpur di pusat semburan lumpur Lapindo cukup besar. Sejauh ini, belum ada upaya perbaikan atau ganti rugi dari pihak-pihak yang terkait terhadap rusaknya aset bangunan milik warga ini. BPLS berdalih, area semburan yang baru muncul itu tidak masuk dalam Peraturan Presiden Nomor 14 Tahun 2007 atau masuk dalam area terdampak lumpur Lapindo.

Semburan baru yang muncul dalam dua pekan terakhir muncul di beberapa titik di sekitar pusat semburan lumpur Lapindo. Pekan lalu, di sebuah sekolah dasar di Ketapang muncul semburan baru dan membuat lima ruang sekolah tidak bisa dipakai lagi [baca: Semburan Lumpur di SDN Ketapang Makin Besar].

Semburan lumpur juga muncul di Jalan Raya Porong. Akibatnya, jalur utama yang menghubungkan Surabaya dan Malang rusak.(TES/SHA)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini