Sukses

Puluhan Ribu Siswa di Jateng Tak Lulus UN

Sebanyak 25.115 siswa SMA dan sederajat di Jateng dinyatakan tidak lulus UN, baik UN utama maupun susulan, sehingga mereka harus mengikuti UN ulangan.

Liputan6.com, Semarang: Sebanyak 25.115 siswa sekolah menengah atas (SMA) dan sederajat di Jawa Tengah dinyatakan tidak lulus ujian nasional, baik UN utama maupun susulan, sehingga mereka harus mengikuti UN ulangan. "Jumlah siswa SMA dan sederajat yang mengikuti UN, baik UN utama dan susulan, tercatat 307.918 orang. Dari jumlah ini terdapat25.115 siswa tidak lulus atau sekitar 8,16 persen," kata Kepala Dinas Pendidikan Jateng, Kunto Nugroho H.P. di Semarang, Ahad (25/4).

Ia menyebutkan jumlah siswa yang harus mengikuti UN ulangan tersebut terdiri dari 9.810 siswa SMA, baik IPA, IPS, dan bahasa, kemudian 4.104 siswa madrasah aliyah dan siswa SMK sebanyak 11.201 orang. "Kalau tahun sebelumnya tidak ada UN ulangan, tahun ini diselenggarakan untuk memberi kesempatan siswa yang tidak lulus UN utama. Karena itu, mereka yang tidak lulus jangan berkecil hati," katanya.

Ia mengatakan bahwa UN utama akan dilangsungkan pada tanggal 10-14 Mei 2010 dan hanya diikuti oleh siswa yang tidak lulus pada mata pelajaran yang bersangkutan, tidak mengulang untuk seluruh mata pelajaran yang diujikan. "Kalau siswa tidak lulus Bahasa Indonesia, dia tidak mengulang untuk seluruh pelajaran, tetapi hanya mengulang untuk pelajaran tersebut. Demikian juga jika tidak lulus dua pelajaran, dan seterusnya," katanya.

Syarat kelulusan UN adalah nilai minimal 5,5 untuk setiap pelajaran yang diujikan dalam UN, dan nilai yang akan digunakan adalah nilai tertinggi yang didapatkan, baik saat UN utama atau UN ulangan. "Seandainya siswa mendapatkan nilai dalam UN ulangan ternyata lebih rendah dibandingkan yang didapat saat UN utama, maka nilai yang digunakan adalah nilai dalam UN utama, demikian pula sebaliknya," katanya.

Menurut dia, pengumuman kelulusan UN 2010 secara lebih mendetail dan terperinci akan dilakukan secara serentak oleh seluruh sekolah, baik SMA, SMK, maupun MA di Jateng pada Senin besok.(ADO/Ant)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.