Sukses

Warga Bandung Antusias Sambut "Car Free Day"

Layaknya kota-kota besar di Tanah Air, Bandung pun tidak bebas dari ancaman polusi udara. Untuk melepaskan diri dari ancaman polusi, Polwiltabes Bandung menggelar hari bebas kendaraan di kawasan Dago.

Liputan6.com, Bandung: Berbeda dari biasanya, kawasan Jalan Dago, Bandung, Jawa Barat, bebas dari kepadatan lalu lintas. Pemandangan itu digantikan dengan keramaian warga yang bersantai menikmati libur hari ini, Ahad (25/4). Masyarakat sekitar ada yang bersepeda, bersepatu roda, atau sekadar jalan-jalan santai.

Pemandangan berbeda ini merupakan buah dari hari bebas kendaraan atau Car Free Day yang digagas Kepolisian Wilayah Kota Besar Bandung untuk mengurangi polusi udara akibat asap kendaraan bermotor. Gagasan tersebut mendapat respons positif warga Kota Kembang. Mereka benar-benar memanfaatkan kesempatan yang selama ini belum pernah didapatkan.

Dalam uji coba pagi tadi, kawasan Dago mulai dari Simpang Cikapayang hingga Simpang Dago, ditutup untuk kendaraan selama empat jam. Jika dinilai efektif dan didukung masyarakat, hari bebas kendaraan bermotor ini akan diberlakukan setiap akhir pekan.(IDS/ADO)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.