Sukses

Jalur Pendakian Semeru Dibersihkan

Tim SAR gabungan membersihkan jalur pendakian Gunung Semeru. Pembersihan dilakukan menjelang dibukanya jalur pendakian Semeru awal Mei mendatang.

Liputan6.com, Lumajang: Tim SAR Taman Nasional Bromo Tengger Semeru serta Pemerintah Kabupaten Lumajang membersihkan jalur pendakian Gunung Semeru, Jawa Timur, Kamis (22/4). Pembersihan dilakukan menjelang dibukanya jalur pendakian Semeru awal Mei mendatang.

Perbaikan jalur akan dititikberatkan di kawasan Arcopodo menuju puncak Semeru. Sebab jalur itu sering menyesatkan pendaki sehingga mereka tersesat dan hilang. Tim yang berjumlah 55 orang juga akan memasang rambu-rambu yang sudah hilang akibat terpaan hujan.

"Dalam rangka membantu jajaran TNBTS untuk membersihkan dan membuat tanda-tanda kembali jalur sampai puncak. Diharapkan saat Semeru terbuka untuk umum hingga puncak, maka akan mengeleminir hal-hal yang tidak diinginkan," kata Komandan SAR Lumajang Nugroho Dwi Atmoko.

Menurut rencana, tim akan memperbaiki jalur pendakian selama tiga hari. Saat ini gunung tertinggi di Pulau Jawa ini berstatus waspada. Data Badan Bulkanologi Bandung, sejak akhir Februari lalu Semeru sering mengeluarkan lava pijar yang meluncur ke Besuk Kembar.(JUM)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini