Sukses

Jalur Trenggalek-Pacitan Terputus Longsor

Jalur utama Trenggalek-Pacitan terputus karena tertutup material tanah dan batu sepanjang 30 meter. Material tanah serta batu merupakan longsoran tebing jalan.

Liputan6.com, Trenggalek: Jalur utama Trenggalek-Pacitan terputus karena tertutup material tanah dan batu sepanjang 30 meter, Senin (11/4). Material tanah serta batu merupakan longsoran tebing jalan akibat hujan yang terus turun dalam sepekan terakhir ini. Kendaraan besar seperti bus dan truk tertahan sementara kendaraan kecil dialihkan melewati jalan perkampungan.

Menurut warga, longsor awalnya terjadi di sekitar tebing cukup kecil. Setelah petugas Dinas Pekerjaan Umum setempat melakukan pembersihan justru tebing setinggi 70 meter di atasnya longsor hingga menutup akses jalan. Sejumlah kendaraan besar terjebak dan harus menunggu hingga jalan bisa dilalui. "Sudah dua jam antre menunggu pembersihan longsoran," kata seorang sopir.

Menghindari kemacetan panjang, sejumlah warga berinisiatif memberikan jalur alternatif melalui perkampungan untuk kendaraan kecil baik motor maupun mobil angkutan pedesaan. Sementara sejumlah tangki pengangkut bahan bakar minyak untuk Panggul dan Pacitan juga tertahan. Petugas masih melakukan pembersihan material longsoran menggunakan alat berat.

Keadaan tak jauh berbeda juga terjadi di Tasikmalaya, Jawa Barat. Akibat hujan deras yang terus mengguyur sejak Ahad dini hari tadi, memicu terjadinya tanah longsor. Peristiwa tersebut membuat satu rumah warga rusak, dan jaringan listrik putus akibat tersambar petir.(BJK/JUM)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini