Sukses

Tanah Amblas, Ratusan Rumah Terancam Longsor

Hujan deras yang mengguyur wilayah Sumedang, Jabar sejak tiga bulan terakhir membuat tebing setinggi 70 meter mulai retak dan amblas. Akibatnya ratusan rumah di sekitar tebing terancam tertimbun longsor.

Liputan6.com, Sumedang: Tanah sepanjang 200 meter di daerah perbukitan Desa Sukamantri, Kecamatan Tanjung Kerta, Sumedang, Jawa Barat, retak, Jumat (9/4). Warga panik karena tanah di tempat tinggal mereka masih terus bergeser disertai getaran dan suara gemuruh.

Konidisi ini sudah terjadi sejak sepekan silam seiring hujan deras yang terus mengguyur kawasan ini. Bahkan, sepetak tanah sudah amblas degan kedalaman hampir satu meter. Sekitar 100 rumah warga yang ada di wilayah ini pun terancam amblas dan longsor.

Meski demikian warga mengaku belum berencana pindah karena tidak punya tempat untuk mengungsi. Mereka berharap pemerintah segera turun tangan dengan memindahkan warga sebelum longsor benar-benar terjadi.(IAN)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.