Sukses

Kesal Lahannya Digarap, Ratusan Petani Berdemo

Ratusan petani dan anggota LSM mendatangi perusahaan tambang batu bara PT Arutmin di Kabupaten Tanah Laut, Kalsel. Mereka kesal karena perusahaan sering mencaplok lahan warga.

Liputan6.com, Tanah Laut: Ratusan petani dan anggota Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) di Kecamatan Asam Asam, Kabupaten Tanah Laut, Kalimantan Selatan, Kamis (8/4), mendatangi perusahaan tambang batu bara PT Arutmin Indonesia. Mereka kesal karena PT Arutmin kerap mencaplok lahan warga hingga ribuan hektare.

Salah satu lahan perkebunan yang dikuasai PT Arutmin untuk dijadikan tambang batu bara adalah lahan PT Malido Jaya Diradja (MJD). Lahan yang seharusnya dijadikan perkebunan karet itu diklaim PT Arutmin.

Kuasa hukum PT MJD Eggi Sudjana mengatakan, selama ini PT Arutmin bersikap arogan dan merasa kebal hukum karena memiliki dukungan berbagai pihak. Walau selalu tidak ditanggapi, katanya, PT MJD akan terus melayangkan surat somasi pada PT Arutmin agar para petani dapat kembali menanam karet.(WIL/SHA)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.