Sukses

Jembatan Antarkecamatan Roboh

Jembatan penghubung antarkecamatan di Mandailing Natal, Sumatera Utara, roboh akibat terkikis Sungai Batang Gadis.

Liputan6.com, Mandailing Natal: Jembatan yang menghubungkan Kecamatan Panyabungan Utara dan Kecamatan Naga Juang, Mandailing Natal, Sumatera Utara, roboh akibat kikisan Sungai Batang Gadis. Hal itu mengakibatkan tanah amblas ke bawah dan terdapat jarak dua meter dari badan jalan menuju jembatan, Selasa (6/4)

Kikisan sungai diakibatkan hujan yang mengguyur wilayah itu selama sepekan, sehingga debit air semakin besar. Karena belum ada upaya pemerintah untuk memperbaiki jembatan, akhirnya warga setempat membuat jembatan swadaya dari pohon Kelapa.

Namun jembatan swadaya itu hanya mampu menanggung beban tiga ton. Padahal jembatan itu merupakan akses jalan warga satu-satunya untuk membawa hasil bumi dan perkebunan menuju Ibu Kota kabupaten, yakni Panyabungan.

Jika tidak segera diperbaiki dikhawatirkan jembatan akan terbawa arus sungai dan beberapa desa akan terisolir. Tidak hanya jembatan, puluhan hektar areal perkebunan warga juga ikut terkikis arus Sungai Batang Gadis sehingga warga rugi puluhan juta rupiah.

Warga berharap, pemerintah segera melakuan pengerukan terhadap aliran Sungai Batang Gadis yang semakin mendangkal dan segera mungkin memperbaiki jembatan yang nyaris putus akibat kikisan sungai tersebut.(IDS/SHA)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.