Sukses

Pupuk Kini Langka di Ciamis

Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, mengalami kelangkaan pasokan pupuk ZA bersubsidi di beberapa agen eceran resmi pupuk sejak sebulan terakhir.

Liputan6.com, Ciamis: Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, mengalami kelangkaan pasokan pupuk ZA bersubsidi di beberapa agen eceran resmi pupuk. Pemilik kios eceran resmi pupuk bersubsidi, Juariah (56) di Ciamis, Senin (5/4) mengatakan kelangkaan pasokan pupuk bersubidi sudah terjadi hampir satu bulan terakhir. "Hampir satu bulan ini saya belum mendapatkan pasokan pupuk ZA dari distributor," kata Juariah.

Ia menilai kurangnya pasokan pupuk bersubsidi sejak sebulan lalu terjadi pada pengecer-pengecer resmi lainnya yang tersebar di wilayah Kabupaten Ciamis. Akibatnya, kata dia, banyak konsumen tidak dapat terlayani karena stok pupuk yang biasa menjual satu karung ukuran 50 kilogram seharga Rp 52.500 sudah habis.

Kata dia, kondisi normal ketersediaan pupuk diharapkan para petani yang memasuki musim tanam di beberapa daerah di Ciamis. "Kalau ketersediaan pupuk kurang mereka jadi terganggu musim tanamnya," kata Juariah.

Di tempat terpisah, Kepala Seksi Pelayanan Konsumen Dinas Perdagangan Industri dan UKM Kabupaten Ciamis, Dadan Sugistha, mengakui terjadinya kelangkaan pasokan pupuk. Menurut dia, kelangkaan belum diketahui penyebabnya, namun akan segera mencari tahu di lapangan serta jumlah kebutuhan pupuk para petani di Ciamis. "Saya akan segera lakukan pengecekan ke lapangan secepatnya," katanya.(ADO/Ant)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.