Sukses

Umat Katolik Ikuti Prosesi Jalan Salib Yesus

Umat Katolik memadati gereja-gereja di wilayah Keuskupan Agung, Kupang, NTT, untuk melaksanakan prosesi jalan salib Yesus. Menhan Purnomo Yusgiantoro dan PM Portugal berada di Larantuka untuk mengikuti prosesi Jumat Agung.

Liputan6.com, Kupang: Gereja-gereja Katolik di wilayah Keuskupan Agung, Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT), Jumat (2/4) pagi, dipadati umat yang akan melaksanakan prosesi jalan salib Yesus. Prosesi ini dilakukan untuk mengenang wafatnya Yesus Kristus di Kayu Salib.

Prosesi jalan salib ini merupakan bagian dari perayaan pekan suci dalam tradisi gereja Katolik sebelum hari raya Paskah yang diyakini umat Kristiani sebagai kebangkitan Yesus Kristus.

Sementara perayaan Jumat Agung di Larantuka, ibu kota Kabupaten Flores Timur di wilayah Keuskupan Larantuka, diawali dengan perarakan mengantar jenazah Yesus (Tuan Meninu) lewat laut dari Kota Rewindo menuju Pante Kuce di depan istana Raja Larantuka.

Prosesi lewat laut ini untuk memaknai Yesus sebagai inti. Sedangkan Bunda Maria adalah pusat perhatian, Bunda yang bersedih, Bunda yang berduka cita (Mater Doloroso).

Ribuan peziarah termasuk Menteri Pertahanan Purnomo Yusgiantoro dan Perdana Menteri Portugal Carlos Manuel Leitau Frota, sudah berada di Larantuka untuk mengikuti prosesi Jumat Agung tersebut. Pada sore harinya, patung Bunda Maria (Tuan Ma) yang telah dinobatkan sebagai pelindung Kota Reinha Rosari--sebutan khas untuk Kota Larantuka--diarak dari kapela-Nya menuju Gereja Katedral di jantung Kota Larantuka.

Prosesi Jumat Agung di Larantuka, dihayati oleh umat Katolik setempat sebagai perenungan mengikuti perjalanan Bunda Maria yang begitu berduka cita dalam mengikuti penderitaan putra-Nya Yesus Kristus. Sedangkan di wilayah keuskupan lain lebih mengedepankan pada kisah sengara Yesus sampai wafat di Kayu Salib.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini