Sukses

Banjir di Pagaralam, Bendungan Jebol

Banjir bandang di Kota Pagaralam, Sumsel, membuat sebuah bendungan jebol. Kerusakan ini mengganggu penyaluran air bersih.

Liputan6.com, Pagaralam: Banjir bandang di Dusun Pematangbange, Kelurahan Curup Jare, Kecamatan Pagaralam Utara, Kota Pagaralam, Sumatera Selatan, Selasa, mengakibatkan bendungan jebol sepanjang 20 meter dengan tinggi 2,5 meter. Kerusakan di bagian dinding irigasi setebal 70 sentimeter. Selain pondasi yang hanya 50 sentimeter, kondisi sekitar bangunan itu juga rawan longsor.

Kerusakan bendungan ini juga membuat sejumlah tanggul ikut jebol dan kolam ikan menjadi kering, termasuk merusakkan jaringan air bersih. "Irigasi rusak pada saat terjadi hujan deras tadi malam dengan air yang mengalir cukup deras, sedangkan saluran irigasi juga sangat terbatas, sehingga menumpuk dan membuat irigasi roboh," ujar Pian, warga setempat, Selasa (30/3).

Ia menyatakan, bendungan ini selesai dikerjakan sekitar sepuluh bulan lalu, namun akibat kondisi pondasi kurang kuat dan lokasi bangunan merupakan daerah yang rawan longsor. "Memang saat kejadian hujan mengguyur daerah ini cukup deras, sehingga terjadi banjir bandang yang membuat dinding irigasi jebol," ujar dia lagi.

Sementara Kepala Dinas PU Kota Pagaralam Ir H Edy Thamrin MM mengatakan, kerusakan irigasi akibat bencana alam berupa banjir bandang ini mengganggu penyaluran air bersih. "Kami akan segera melakukan perbaikan dengan dana bencana alam, karena tidak mungkin menggunakan dana lain. Apalagi bangunan itu mengalami kerusakan cukup parah, sehingga perbaikan akan memakan waktu agak lama," ujar dia.(ADO/Ant)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.