Sukses

Puluhan Rumah di Purwakarta Terancam Longsor

Curah hujan yang tinggi menyebabkan puluhan rumah warga di Kabupaten Purwakarta, Jabar terancam longsor. Puluhan kepala keluarga terpaksa mengungsi ke tempat yang lebih aman.

Liputan6.com, Purwakarta: Puluhan rumah di Kampung Cikidang, Desa Pamoyanan, Kecamatan Plered, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, terancam longsor. Ini akibat hujan yang terus menerus mengguyur daerah tersebut. Pantauan SCTV, Senin (29/3), akibat curah hujan yang cukup tinggi, tanah di kampung yang dihuni sekitar 84 kepala keluarga itu, retak-retak.

Panjang retakan bisa mencapai 30 meter. Sedangkan lebar retakan berkisar sepuluh hingga 20 sentimeter. Retakan tanah terparah menimpa lima rumah warga. Dinding rumah mereka juga ikut retak hingga nyaris ambruk. Kelima rumah itu kini telah dikosongkan pemiliknya yang mengungsi ke tempat tinggal saudaranya. Menurut warga, selain curah hujan yang tinggi, retakan tanah juga disebabakan aktivitas penambangan batu di atas perbukitan yang tak jauh dari permukiman.

Selain mengancam rumah warga, retakan tanah menyebabkan tebing-tebing longsor. Tak hanya itu, sejumlah ruas jalan yang menghubungkan tiga kampung di Desa Pamoyanan, Kabupaten Purwakarta amblas.(IAN)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.