Sukses

Forum Diskusi Pendidikan Tolak Ujian Nasional

Pelaksanaan UN tingkat SMP di Medan, Sumut, diwarnai unjuk rasa. Ratusan aktivis menolak pelaksanaan UN yang dituding sebagai biang kehancuran dunia pendidikan di Tanah Air.

Liputan6.com, Medan: Ratusan orang yang tergabung dalam Forum Diskusi Pendidikan berunjuk rasa di Bundaran Majestik Jalan Gatot Subroto, Medan, Sumatra Utara, Senin (29/3). Sambil mengusung spanduk dan poster, mereka mengecam sikap pemerintah yang tetap memaksakan pelaksanaan ujian nasional (UN).

Menurut para pendemo, sejak UN ditetapkan sebagai satu-satunya penentu kelulusan, mutu pendidikan di Tanah Air malah menjadi bobrok. Ini terbukti dengan adanya sejumlah kecurangan di sekolah-sekolah baik yang dilakukan siswa maupun para pendidik. Ironisnya, meski kasus ini terus berulang pemerintah tetap saja menutup mata.

Massa kemudian melanjutkan demo ke kantor DPRD Sumut. Dihadapan anggota Dewan pengunjuk rasa menggelar aksi teatrikal yang menggambarkan tidak konsistennya sikap Mahkamah Agung. Sebelumnya MA memutuskan penghapusan UN, namun diduga lewat sebuah konspirasi dengan anggota DPR dan Menteri Pendidikan Nasional akhirnya ujian tetap dilaksanakan.(IAN)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.