Sukses

Tak Siap Hadapi Ujian, Siswa Nekat Nyontek

Beberapa siswa peserta ujian nasional tak siap menghadapi ujian. Ada yang nekat menyontek. Bahkan ada pula yang sempat tidur di ruang ujian.

Liputan6.com, Mandailing Natal: Hari pertama ujian nasional tingkat sekolah menengah pertama (SMP) dan sederajat digelar Senin (29/3). Para siswa dengan semangat mengikuti ujian. Di Mandailing Natal, Sumatra Utara, misalnya. Para siswa terlihat begitu berkonsentrasi menghadapi soal ujian.

Tapi, ada satu siswa yang justru sangat konsentrasi menyontek. Sesekali pelajar itu melirik ke samping atau ke bawah soal. Entah apa yang diliriknya. Siswi lainnya justru tertidur saat ujian berlangsung. Ia mungkin kelelahan belajar.

Sekadar tidur mungkin tetap bisa lolos ujian. Tapi menyontek jelas itu pelanggaran. Sebenarnya sudah banyak cara dilakukan pengawas ujian untuk membatasi kecurangan. Razia telepon genggam salah satunya. Namun ternyata sejumlah siswa juga punya banyak cara untuk berbuat kecurangan.(IAN)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.