Sukses

Jelang UN, Siswa di Banyumas Gelar Istiqotsah

Menjelang pelaksanaan UN, ribuan siswa SMP di Banyumas, Jateng, menggelar istiqotsah atau doa bersama. Istiqotsah ini dilakukan, agar mereka diberikan kemudahan oleh Tuhan dalam mengerjakan soal UN, serta dapat lulus ujian.

Liputan6.com, Banyumas: Sedikitnya dua ribu siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, Rabu (24/3), menggelar Istiqotsah Akbar atau doa bersama, di Masjid Agung Banyumas. Istiqotsah ini digelar, guna memohon kepada Tuhan, agar mereka dapat mengerjakan soal Ujian Nasional (UN), dan diberi kemudahan serta kelancaran selama mengikuti UN.

Selain siswa sekolah, istiqotsah ini juga diikuti ratusan guru dan kepala sekolah. Istiqotsah yang di pimpin oleh imam masjid dan tokoh agama Banyumas ini, berlangsung selama dua jam. Selama mengikuti istiqotsah, para siswa dengan khidmad terus melafalkan doa. Bahkan tidak sedikit siswa tak kuasa menahan tangis, sebab mereka merasa khawatir tidak lulus UN. Selesai istiqotsah, para siswa kemudian bersalaman dengan para guru dan kepala sekolah, meminta doa restu mengikuti UN.

Menurut Fitriati, staf pengajar di SMPN 2 Banyumas, hampir semua masjid di Kabupaten Banyumas, saat ini menjadi tempat berdoa kalangan pelajar. Agar lebih khusuk dan semangat melakukan doa permohonan kepada Tuhan, para siswa tersebut, biasanya berdatangan ke masjid secara berkelompok.

Ujian Nasional saat ini menjadi momok yang menakutkan bagi pelajar, karena standar kelulusan sangat tinggi, sehingga memungkinkan banyak siswa yang tidak lulus ujian. Para siswa tampaknya harus lebih giat belajar dan rajin berdoa, agar mereka dapat mengerjakan soal ujian dan dapat lulus dengan baik.(ARL)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini