Sukses

Antisipasi Longsor, Warga Cimanggu Direlokasi

Ratusan rumah milik warga di Kampung Cimangu, Cianjur, Jabara, saat ini terancam longsor. Camat setempat berencana merelokasi warga ke perkebunan teh.

Liputan6.com, Cianjur: Pihak Kecamatan Cikalong Kulon, Cianjur, Jawa Barat, akan merelokasi ratusan rumah milik warga di Kampung Cimangu, Desa Padajaya, yang saat ini terancam longsor. Hal tersebut dilakukan untuk menghindari jatuhnya korban jiwa karena areal perbukitan di belakang perkampungan kondisinya bisa longsor sewaktu-waktu. Demikian disampaikan Camat Cikalong Kulon, Tulus, di Cianjur, Selasa (23/3).

Dia mengatakan, saat ini retakan di areal perbukitan terus memanjang, bahkan mengancam dua perkampungan yang terletak saling bersebelahan. "Rencananya kita akan meminta ke pihak perkebunan teh Cimangu-Padajaya untuk dijadikan kawasan relokasi," kata Tulus.

Saat ini pihaknya, ungkap Tulus, masih dalam tahap negoisasi dan telah menemui pihak pengelola perkebunan untuk meminta lokasi relokasi perkampungan warga di kawasan perkebunan. Diambilnya kawasan perkebunan, selain dinilai aman dari longsor, sebagian besar warga di Kampung Cimangu dan Pasir Tulang, adalah pekerja di perkebunan teh.

Sementara itu, pihaknya membantah kalau pengungsi saat ini kesulitan mendapatkan air bersih. Pasalnya selain bantuan yang dinilai cukup, pihaknya telah menyediakan bak penampungan air. "Tidak benar kalau pengungsi kesulitan air bersih. Sedangkan untuk kebutuhan logistik bagi pengungsi, kami nilai masih cukup untuk satu minggu ke depan," kilahnya.(ADO/Ant)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.