Sukses

Ratusan Umat Islam di Solo Tolak Obama

Presiden AS Barack Obama sudah dipastikan menunda kunjungan ke Indonesia. Kendati demikian, aksi menolak kedatangan Obama masih terus digalang di sejumlah daerah.

Liputan6.com, Solo: Ratusan umat Islam dari berbagai elemen di Solo, Jawa Tengah, Jumat (19/3) berunjuk rasa. Demo diawali dari depan Stadion Sriwedari dan berjalan kaki menuju Bunderan Gladak. Para pendemo menolak kedatangan Presiden Amerika Serikat Barack Obama ke Indonesia. Mereka menganggap pemerintah Indonesia tidak layak menerima kunjungan Obama karena Presiden AS itu terkait sejumlah tindak penjajahan terhadap umat Islam di dunia, terutama di Afghanistan dan Irak.

Dalam aksi ini, pendemo meletakkan sebuah poster bergambar Obama di tengah jalan untuk dilindas kendaraan yang lewat di lokasi aksi. Namun, poster tersebut diambil polisi karena dianggap mengganggu ketertiban.

Penolakan juga dilakukan mahasiswa muslim se-Kota Semarang, Jateng. Mereka menolak kedatangan Obama karena dinilai tidak mencerminkan persahabatan dengan dunia Islam serta tidak mendukung perdamaian dunia.

Meski mengetahui kedatangan Obama ditunda, para mahasiswa tetap menyuarakan penolakannya. Alasannya, Obama tidak mendukung perdamaian di jalur Gaza dan Presiden AS ini merupakan pembela Israel yang jelas-jelas menjadi teroris dunia dengan membantai bangsa Palestina.

Aksi yang sama juga dilakukan mahasiswa Universitas Gajah Mada Yogyakarta. Mereka menolak kedatangan Obama karena kebijakannya dianggap tidak berpihak kepada Indonesia. Bahkan para mahasiswa mengecam tindakan pemerintah Indonesia yang dinilai bersikap berlebihan terhadap Obama.(IAN)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini