Sukses

Bocah Luka-luka, Akibat Disiksa Ibu Tiri

Ira, seorang bocah perempuan di Polewali Mandar, Sulbar, disiksa ibu tirinya hingga babak belur. Karena tidak tahan, sang bocah pun melarikan diri dari rumah, dan ditemukan warga dalam keadaan kelaparan.

Liputan6.com, Polewali: Ira, seorang bocah perempuan di Polewali Mandar, Sulawesi Barat, ditemukan warga Desa Basseang, Kecamatan Andreapi, Polman, tidur di kolom rumah warga dalam keadaan menggigil kedinginan dan kelaparan, Jumat (12/3). Ira ditemukan dalam kondisi lemas, serta di sekujur tubuhnya penuh luka memar akibat penyiksaan. Setelah diberi makan oleh pemilik rumah, warga segera melaporkan kejadian tersebut ke pemerintah daerah setempat.

Di hadapan warga, bocah kelas dua sekolah dasar ini menuturkan, dirinya nekad melarikan diri dari rumah sejak lima hari lalu, karena kerap disiksa Nurbaya, ibu tirinya. Ira menjelaskan, sejak Hasnah, ibunya meninggal dunia, ia tinggal dengan ibu tirinya. Saat ayahnya tidak di rumah, dia selalu dipaksa bekerja di luar batas kemampuannya, serta jarang diberi makan. Tak hanya itu, ia juga dilarang sekolah, dan bermain dengan teman-temannya.

Ira mengaku trauma kembali ke rumah orang tuanya. Kendati ayahnya ada di rumah. Sebab, ayahnya pun juga menyiksanya, lantaran lebih mendengar pengaduan yang menyudutkan dari ibu tirinya. Warga yang berupaya menyelesaikan kasus ini, tak menemukan Nurbaya di rumahnya. Sementara Yusuf, ayah Ira, sudah sebulan lebih pergi dari rumahnya, dan menjadi buruh tani di Kabupaten Pinrang.

Guntur Samad, Kepala Desa Basseang, yang menampung sementara Ira di rumahnya, mengaku belum melaporkan kasus ini ke polisi, karena menunggu kedatangan keluarga dan orang tua korban. Aparat desa setempat  akan memanggil orang tua sang bocah, dan sejumlah tokoh masyarakat, termasuk Nurbaya, guna menyelesaikan kasus kekerasan ini secara kekeluargaan.(ARL)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini