Sukses

Ratusan Pendemo Blokade Pantura

Ratusan warga empat desa di Tuban, Jatim, berunjuk rasa di depan Kantor DPRD setempat, memprotes perluasan lahan tambang di tanah pertanian. Mereka juga memblokade jalur pantura.

Liputan6.com, Tuban: Ratusan warga empat desa di Tuban, Jawa Timur, berunjuk rasa di depan Kantor Dewan Perwakilan Rakyat Daerah setempat, Rabu (10/3). Mereka memprotes PT Semen Gresik yang akan memperluas lahan tambang di tanah pertanian Perhutani. Karena tidak mendapat tanggapan, pendemo pun mengamuk.

Seluruh barang yang dibawa para pengunjuk rasa dikeluarkan dan dihambur-hamburkan di areal DPRD. Bahkan, warga juga sempat terlibat aksi dorong dengan petugas keamanan. Tidak hanya itu, mereka juga nekat turun ke jalan dan memblokade jalur pantai utara Pulau Jawa atau pantura di perempatan Patung.

Warga juga menyandera sebuah truk semen. Tanpa pikir panjang, mereka pun lalu menggedor-gedor truk tersebut sebelum akhirnya dihentikan aparat. Selang beberapa jam, ratusan pendemo ini melakukan long march dan mengadukan masalah ini ke Kantor Bupati Tuban. Wakil Bupati Tuban Lilik Suharjono berjanji akan mempertemukan warga dengan pihak terkait, terutama PT Semen Gresik.

Sementara itu Kuncoro, koordinator lapangan aksi demo mengatakan tidak akan berhenti jika tuntutan warga tentang penghentian perluasan tambang tak dipenuhi. Ia mengancam akan membawa massa dalam jumlah yang lebih besar.(WIL/ANS)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.