Sukses

Petani Gagal Panen Karena Hama Keong Mas

Puluhan petani di Cirebon, Jawa Barat, terancam merugi. Pasalnya, tanaman padi mereka dirusak hama keong mas.

Liputan6.com, Cirebon: Puluhan petani di Cirebon, Jawa Barat, Sabtu (6/3), terancam merugi. Pasalnya, tanaman padi mereka yang akan memasuki masa panen dirusak hama keong mas.

Dari pantauan SCTV, serangan hama keong mas hampir merata di semua kecamatan di Cirebon. Hama memakan ratusan hektar tanaman padi yang baru berumur seminggu hingga sebulan. Setelah itu, tanaman padi biasanya menguning, membusuk, dan mati.

Seorang petani asal Losari Darmin menuturkan, para petani terpaksa membasmi hama tersebut secara manual karena tidak tersedia obat pembasmi hama. Cara ini tidak efektif, katanya, karena selain jumlah telurnya yang ribuan, hama itu cepat berkembang biak.

Selain mengalami kerugian hingga ratusan juta rupiah, para petani juga terpaksa harus mengulang masa tanam dengan menambah bibit hingga seratus persen. Para petani berharap pemerintah membantu mereka menanggulangi serangan hama itu.(ARL/SHA)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.