Sukses

Limbah Pabrik Bocor, Ratusan Sumur Tercemar

Akibat bocornya saluran pembuangan limbah sebuah pabrik tekstil, ratusan sumur warga di Pekalongan, Jateng, tercemar.

Liputan6.com, Pekalongan: Akibat bocornya saluran pembuangan limbah sebuah pabrik tekstil, ratusan sumur warga di Pekalongan, Jawa Tengah, tercemar. Tak hanya itu, bau menyengat dari limbah di kawasan Wiradesa, Pekalongan, ini juga mengganggu kesehatan lingkungan.Kegiatan belajar mengajar di sejumlah sekolah pun terganggu

Untuk memenuhi kebutuhan air bersih, warga mengandalkan bantuan dari Dupantex, pabrik tekstil yang diyakini sebagai biang masalah tersebut. Pihak Dupantex membantah jika limbah pabriknya mencemari lingkungan. Mereka beralasan limbah yang dibuang ke sungai sudah diproses terlebih dahulu dengan sistem Instalasi Pengolahan Limbah.

Dupantex menduga kebocoran terjadi karena umur saluran yang sudah melebihi 20 tahun. Hingga Jumat (5/3), warga terus mendesak Dupantex agar menambah jumlah kran air bersih ke setiap rumah.(WIL/YUS)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.