Sukses

Harga Gabah Anjlok, Petani Meradang

Memasuki masa panen raya padi, sejumlah petani di Kabupaten Pemalang, Jateng, meradang karena harga gabah anjlok.

Liputan6.com, Pemalang: Memasuki musim panen raya padi, harga gabah di Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah, malah jatuh. Para petani marah karena mestinya saat inilah mereka bisa merasakan keuntungan sebagai imbalan atas jerih payah dan jasanya menanam padi. Namun yang terjadi malah sebaliknya, harga gabah saat ini, berada di bawah harga standar.

Menurut Warmo, salah seorang petani, Ahad (28/2), gabah saat ini hanya dihargai Rp 2.300 per kilogram. Padahal, menurut Warmo, dengan harga beras di pasaran yang masih mencapai Rp 7.000 per kilogram, harga gabah setidaknya Rp 2.500 per kilogram.

Menyikapi jatuhnya harga gabah, Sekretaris Daerah Kabupaten Pemalang, Sumadi Sugondo, berjanji secepatnya berkoordinasi dengan Bulog serta meminta agar membeli gabah petani. Menurutnya, pemerintah setempat juga telah menyiapkan dana, guna membeli gabah petani yang harganya di bawah standar. Sehingga diharapkan pada saat musim panen raya seperti sekarang, petani bisa mendapatkan untung.(ARL/ADO)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini