Sukses

Bulog Siapkan Operasi Pasar

Perum Bulog Sulteng menyiapkan beras sebanyak 1.500 ton untuk operasi pasar di wilayah Kota Palu. Namun, minat masyarakat membeli beras OP masih kecil.

Liputan6.com, Palu: Perum Bulog Sulawesi Tengah (Sulteng) menyiapkan beras sebanyak 1.500 ton untuk operasi pasar di wilayah Kota Palu dan sekitarnya. Kepala Bidang Pelayanan Publik Bulog Sulteng Makkeng Ali di Palu, Sabtu (20/2), mengatakan pelaksanaan OP di ibu kota Provinsi Sulteng itu sudah dimulai sejak Kamis lalu. "Hari ini pelaksanaan OP akan dipusatkan di sejumlah titik distribusi di wilayah Kecamatan Palu Timur," katanya.

Ia mengatakan, untuk mendukung kegiatan tersebut Bulog setiap kali OP menyediakan cadangan stok beras untuk memenuhi kebutuhan masyarakat rata-rata lima ton. Namun kenyataannya, selama dua hari pelaksanaan OP berlangsung, beras yang terjual kepada masyarakat hanya sekitar 30-40 persen. "Ini membuktikan bahwa minat masyarakat untuk membeli beras di lokasi OP masih minim," kata dia.

Padahal, harga eceran tertinggi (HET) beras OP sesuai ditetapkan pemerintah bersama Bulog Sulteng sebesar Rp 5.700 per kilogram atau lebih murah dari harga beras dijual pedagang Rp 5.800 sampai Rp 7.000 per kilogram.

Meski demikian Bulog Sulteng tetap meneruskan kegiatan OP di semua wilayah kota Palu dan sekitarnya. "Bisa saja banyak warga yang belum mengetahui adanya kegiatan OP beras yang dilakukan Bulog," ujar Makkeng.(ADO/Ant)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.