Sukses

Tiga Kecamatan Berstatus KLB Demam Berdarah

Dinas Kesehatan Kabupaten Pekalongan, Jateng, menetapkan tiga kecamatan di wilayahnya sebagai KLB demam berdarah dengue. Sebab dalam pada awal tahun ini saja, sudah ratusan warga setempat yang terjangkit.

Liputan6.com, Pekalongan: Dinas Kesehatan Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah, Kamis (18/2) menetapkan tiga kecamatan di wilayahnya sebagai Kejadian Luar Biasa (KLB) demam berdarah dengue. Sebab, pada awal tahun ini saja, sudah ratusan warga setempat yang terjangkit.

Umumnya penderita penyakit yang dibawa nyamuk aedes aegypti itu didominasi anak-anak. Bahkan sejumlah rumah sakit di wilayah Pekalongan banyak merawat pasien anak-anak. Hampir setiap harinya, pasien DBD selalu datang silih berganti memenuhi sejumlah rumah sakit. Terhitung sejak Januari hingga sekarang, sudah lebih 130 warga yang dirawat akibat DBD.

Menurut Kepala Instansi Pengendalian dan Pemberantasan Penyakit Dinas Kesehatan setempat, Suwondo, hampir separuh wilayah Kabupaten Pekalongan adalah daerah endemis DBD. Wilayah tersebut yakni 101 desa dari total 283 desa yang ada. Pihaknya bahkan telah menetapkan tiga kecamatan masing-masing Kecamatan Wonopringgo, Bojong, dan Karanganyar sebagai KLB DBD.

Warga diimbau lebih waspada dan menjaga kebersihan lingkungan dengan cara dengan mengontrol sanitasi dan tempat-tempat penampungan air supaya bebas dari jentik-jentik nyamuk.(BJK/YUS)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini