Sukses

Sukarno, Tunanetra Mahir Berdendang

Berbekal kemampuanya membaca huruf braile, Sukarno dapat mencipta lagu serta bersaing dengan orang normal lainnya dalam lomba menyanyi bahasa Jawa (macapat).

Liputan6.com, Solo: Menjadi tunanetra ternyata tidak menghalangi tekad seorang warga Baluwarti, Solo, Jawa Tengah, untuk ikut lomba menyanyi. Berbekal kemampuanya membaca huruf braile, dia dapat mencipta lagu serta bersaing dengan orang normal lainnya dalam lomba menyanyi bahasa Jawa (macapat).

Sukarno merupakan peserta tunanatra satu-satunya dalam lomba nyanyi di Aula Kantor PLN Solo, Senin (15/2). Sukarno membuat lagu dengan tema membangun Kota Solo. Meski tunanetra, kemampuan Sukarno ternyata tidak kalah dengan peserta lain. Kemampuan ini didapatnya setelah sekian lama mempelajari macapat meski dengan berbagai kendala.

Lomba macapat ini digelar Pemerintah Kota Solo sebagai bentuk keprihatinan semakin terpinggirkannya seni menembang Jawa oleh serangan budaya modern seperti lagu nasional dan luar negeri. Hal ini terbukti yang ikut lomba tidak ada dari kalangan muda. Kebanyakan usianya sudah lanjut.(JUM)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini