Sukses

Akhirnya Polisi Selidiki Ledakan Instalasi Listrik

Kasus ledakan instalasi listrik di Rumah Sakit Pirngadi Medan, yang diduga menewaskan dua pasien dan menyebabkan satu perawat mengalami kritis, akhirnya mendapat perhatian Poltabes Medan. Polisi melakukan identifikasi di lokasi kejadian.

Liputan6.com, Medan: Kasus ledakan instalasi listrik di Rumah Sakit Pirngadi Medan, yang diduga menewaskan dua pasien dan menyebabkan satu perawat mengalami kritis, akhirnya mendapat perhatian jajaran Kepolisian Medan, Sumatera Utara, Rabu (10/2).

Poltabes Medan melakukan penyelidikan dengan menurunkan tim identifikasi dari kepolisian Medan ke Tempat Kejadian Perkara (TKP). Tim identifikasi Poltabes Medan ini dipimpin langsung oleh Kepala Satuan Reserse dan Kriminal (Kasatreskrim), Komisaris Polisi Jukiman Situmorang. Polisi kemudian langsung memusatkan penyelidikan ke lantai 5 ruang perawatan intensif atau ICU, yang menjadi tempat meninggalnya dua orang pasien.

Petugas yang melakukan olah TKP secara tertutup, selain memeriksa ruang ICU, penyelidikan juga dilakukan petugas, di lift yang sempat mati, dan ruang elektrikal atau ruang listrik yang menjadi tempat awal timbulnya ledakan. Setelah melakukan identifikasi, polisi kemudian juga melakukan pemeriksaan sejumlah saksi yang mengetahui peristiwa tersebut.

Komisaris Polisi Jukiman Situmorang, dalam keterangannya mengungkapkan, dari hasil penyelidikan sementara, pihaknya masih hanya melakukan pemeriksaan di titik-titik utama yang ada hubungannya dengan terjadinya ledakan. Ia menuturkan, hingga saat  ini pihaknya belum juga berhasil menyimpulkan ada tidaknya hubungan antara ledakan instalasi listrik dengan kematian dua orang pasien.

Direktur Utama RS Pirngadi Medan, Dewi Syahnan ketika dikonfirmasi, kembali membantah adanya dugaan kematian dua pasien dengan insiden ledakan instalasi instalasi listrik. Namun ia tidak menampik kalau kedua pasien selama dalam perawatan memang menggunakan fasilitas medis secara intensif, yang menggunakan listrik untuk mengoperasikannya.

Kasus ledakan Instalasi listrik di RS Pirngadi Medan terjadi pada Senin 8 Januari 2010 lalu. Peristiwa ledakan yang disusul dengan kepulan asap tebal dari ruang elektrikal tersebut, sempat menimbulkan kepanikan pengunjung dan para pasien. Bahkan seorang perawat harus menjalani pengobatan setelah terjebak di dalam lift yang mati mendadak.

Belakangan kasus ini terus menjadi perhatian masyarakat Medan, setelah dua orang pasien yang sedang menjalani perawatan meninggal dunia akibat insiden tersebut, pada Selasa 9 Januari 2010 lalu [baca: Ledakan Instalasi Listrik Diduga Tewaskan Dua Pasien].(ARL/AYB)



* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini