Sukses

Surat Terbuka Mahasiswa untuk Presiden

Para mahasiswa di Pelembang, Sumsel, menyampaikan surat terbuka pada Presiden Yudhoyono dengan cara berunjuk rasa. Aksi ini berlangsung terkait kedatangan SBY ke kota tersebut.

Liputan6.com, Palembang: Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia di Palembang, Sumatra Selatan, Selasa (9/2), berunjuk rasa terkait kedatangan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono di kota tersebut. Dalam aksinya mahasiswa menyampaikan surat terbuka yang berisi empat poin tuntutan.

Tuntutan pertama yang diajukan mahasiswa adalah penegakan reformasi hukum. Selanjutnya tim ekonomi yang selama ini dianggap neoliberal harus segera diubah. Ketiga, mahasiswa menuntut pemecatan Wakil Presiden Boediono dan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati. Terakhir, mereka meminta kasus indikasi korupsi di Bank Century dilimpahkan ke Komisi Pemberantasan Korupsi.

Sempat terjadi kericuhan dalam aksi tersebut. Polisi segera mengambil tindakan dengan cara menangkap mahasiswa, termasuk simbol kerbau hitam yang dibawa. Demo itu sendiri merupakan bentuk kekecewaan mahasiswa terhadap pemerintahan SBY. Massa juga menilai Panitia Khusus Bank Century lamban dalam menyikapi kasus bank tersebut.

SBY ke Palembang untuk menghadiri peringatan Hari Pers Nasional (HPN) ke-64 bertema "Kemerdekaan Pers Dari dan Untuk Rakyat." Presiden beserta rombongan meninggalkan Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta, sekitar pukul 08.00 WIB [baca: Presiden SBY Hadiri Peringatan Hari Pers].(OMI/YUS)



* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini