Sukses

Disiapkan 41 Dokter Tangani Bilqis

RSUP Dr Kariadi Semarang menyiapkan 41 dokter untuk menangani operasi transplantasi hati terhadap Bilqis Anindya Passa yang menderita Atresi Biller.

Liputan6.com, Semarang: RSUP Dr Kariadi Semarang, Jawa Tengah, menyiapkan 41 dokter spesialis dari berbagai bidang, untuk menangani operasi transplantasi hati terhadap Bilqis Anindya Passa, yang menderita Atresi Biller. Selain itu, tim dokter dari National University Hospital System Singapura, juga akan ikut memantau jalannya operasi.

Bilqis Anindya Passa (17 bulan) adalah penderita kelainan saluran empedu tak berbentuk atau yang dalam istilah kedokteran disebut Atresia Biller. Kelainan itu diderita sejak lahir. Segala upaya pengobatan sudah dilakukan, bahkan hampir 60 persen hidup Bilqis di rumah sakit, tapi semuanya belum berhasil. 

Putra pasangan Ardianta Passa dan Dewi Farida, keluarga sederhana asal Jalan Kramat Sentiong, Jakarta Pusat itu, telah tiba di RSUP Dr Kariadi Semarang Rabu kemarin (3/2), dan langsung menjalani pemeriksaan medis menyeluruh. Tapi Prof. Dr. AG Sumanti, salah satu anggota tim dokter menyatakan belum bisa memastikan kapan operasi dijalankan.

Operasi transplantasi hati bukan yang pertama kali dilakukan RSUP Dr. Kariadi Semarang. 2006 lalu, operasi serupa pernah dilakukan pada pasien asal Semarang bernama Ulung Hara Hutama, dan berhasil.

Sementara itu dukungan masyarakat terhadap Bilqis terus mengalir. Melalui Posko Koin Cinta Bilqis, dana yang terkumpul mencapai Rp1,1 miliar.(MLA)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini