Sukses

Batik Kayu, Kerajinan Unik dari Bantul

Para seniman di Bantul, Yogyakarta, menghasilkan karya seni bernilai jual tinggi dengan menggambar motif batik di atas media kayu.

Liputan6.com, Pajangan: Tekun mengembangkan kualitas produk serta jeli mencari peluang bisa jadi kunci kesuksesan di dunia usaha. Hal itu tergambar dari perkembangan industri batik kayu di Desa Krebet, Pajangan, Bantul, Yogyakarta, baru-baru ini. Di sana, para perajin menghasilkan berbagai jenis benda bermotif batik.

Sesuai namanya, para seniman ini melukis dengan teknik batik di atas benda-benda yang terbuat dari kayu. Serupa dengan menghasilkan batik tulis di atas kain, mereka terlebih dahulu membuat pola di atas kayu sebelum akhirnya dilapisi malam atau lilin. Setelah itu, kayu diberi warna.

Permukaan kayu yang tidak terlapisi lilin, akan mendapat warna baru. Proses ini dilakukan beberapa kali sesuai jumlah warna yang diinginkan. Selanjutnya batik kayu tersebut direbus agar warna meresap ke dalam kayu.

Tidak hanya laris di dalam negeri, karya warga Desa Krebet telah merambah pasar internasional, mulai dari Australia hingga
beberapa negara di Eropa.(WIL)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini