Sukses

Diduga, Ribuan Warga Mamuju Terserang Limfadenitis

Diduga, ribuan warga di lima kabupaten di Sulawesi Barat terserang penyakit limfadenitis atau TBC kelenjar --penyakit yang diderita Ummi Darmiati.

Liputan6.com, Mamuju: Diduga, ribuan warga di lima kabupaten di Sulawesi Barat terserang penyakit limfadenitis atau TBC kelenjar --penyakit yang diderita Ummi Darmiati. Dinas Kesehatan Sulbar mengerahkan puluhan dokter dan petugas kesehatan untuk memantau perkembangan penularan penyakit itu pada warga.

Kepala Dinas Kesehatan Sulbar Ahmad Azis mengatakan, pihaknya akan melakukan tes kesehatan kepada setiap warga yang dinyatakan suspect limfadenitis. "Warga yang positif mengidap TBC kelenjar akan ditangani secara khusus oleh Tim Kesehatan, agar tidak menulari warga atau anggota keluarga korban lain," katanya.

Dijelaskan Ahmad, pasien yang dirawat akan dipisahkan dari pasien lain. Selain itu, katanya, pasien juga akan dirawat secara rutin selama 9 bulan agar sembuh total.

"Kedisiplinan pasien untuk mengkonsumsi obat dan pemantauan serius Tim Kesehatan terhadap pasien sangat menentukan kesuksesan penyembuhan penyakit itu," kata Ahmad.(IDS/SHA)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini