Sukses

Landasan Soekarno-Hatta Dibuka Kembali

Landasan pacu Bandara Soekarno-Hatta sudah dibuka kembali setelah sempat tertutup akibat pesawat Sriwijaya Air mendarat darurat. Pesawat Sriwijaya Air terpaksa mendarat darurat tanpa roda depan.

Liputan6.com, Jakarta: Landasan pacu Bandar Udara Soekarno-Hatta sejak pukul 16.00 WIB sudah dibuka kembali. Landasan sempat ditutup sekitar dua jam setelah pesawat Sriwijaya Air mendarat darurat. Demikian dikatakan Kepala Pusat Komunikasi Publik Kementerian Perhubungan, Bambang S. Ervan, kepada ANTARA, Rabu (27/1).

Kejadian itu berawal saat pesawat Boeing 737-200 bernomor penerbangan SJ020 yang membawa 136 penumpang siang tadi tinggal landas dari Bandara Soekarno-Hatta dengan lancar. Namun ketika sudah mengudara, pilot mendeteksi adanya masalah pada hidrolik roda depan (nose wheel). Sang pilot kemudian memutuskan mendaratkan kembali pesawat ke Bandara Soekarno-Hatta. Pesawat terpaksa mendarat darurat tanpa roda depan dan baru terhenti sekitar 10 meter sebelum taxiway N5 [baca: Sriwijaya Air Mendarat Darurat di Soekarno-Hatta].

Bambang menegaskan tak ada korban dalam peristiwa itu. Semua penumpang sudah dievakuasi. Pesawat juga sudah selesai ditarik ke apron. "Tim dari Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Dephub dan Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) segera melakukan investigasi," kata Bambang.

Sementara itu, juru bicara KNKT, J.A. Barata, mengatakan, peristiwa tersebut termasuk kategori insiden serius karena struktur pesawat mengalami perubahan. Barata memperoleh informasi sayap berubah seperti bengkok dan badan pesawat bagian bawah yang tergores karena saat mendarat roda depan tidak keluar. KNKT, katanya, telah mengirim dua investigator, yakni Captain Prita Wijaya dan Markus Totok Hermawan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini