Sukses

Dua Desa Dihuni 170 Anak Cacat

Dua desa di Kabupaten Bandung, Jabar, ternyata juga dihuni oleh 170 anak yang cacat. Berdasarkan data, mayoritas anak ini akibat faktor kemiskinan dan bawaan genetik.

Liputan6.com, Bandung: Sebanyak 170 anak di Desa Margaluyu, Kecamatan Pangalengan, dan Desa Mekarsari, kecamatan Ciparay, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, ditemukan mengalami kecacatan. Cacat yang diderita beragam, seperti grahita, netra, rungu ataupun lumpuh akibat faktor kemiskinan dan bawaan genetik.

Dirjen Pelayanan Sosial Kementerian Sosial, Ma'mur Sunusi, di Bandung, Sabtu (23/1), menjelaskan sebanyak 102 anak ditemukan di Desa Margaluyu, sedangkan 68 anak berada di Desa Mekarsari. "Jumlah anak dengan kecacatan di wilayah tersebut termasuk tinggi jika dibandingkan dengan kabupaten dan kota lainnya di Jawa Barat," katanya.

Berdasarkan data, mayoritas anak ini memiliki kecacatan grahita atau keterbelakang mental akibat adanya pernikahan antarsaudara dekat dan faktor ekonomi karena banyaknya orangtua yang hanya menjadi buruh di perkebunan teh.

Sedangkan di Kecamatan Ciparay yang merupakan daerah urban, penyebabnya lebih pada kekurangan gizi, proses kelahiran dan genetik. "Kami telah melakukan berbagai proses pengkajian atas kasus ini," ujarnya seperti dikutip ANTARA.

Menurut Kasubdit Layanan Sosial Anak dengan Kecacatan, Yelmita, ketidakmengertian orangtua tentang proses melahirkan ataupun asupan gizi saat hamil merupakan penyebab utama di dua desa tersebut. Hal ini dikarenakan mereka miskin dan tidak memiliki pendidikan yang cukup.(ADO)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini