Sukses

Menikmati Keindahan Gua Gong

Para pengunjung rata-rata ingin menikmati keindahan ribuan stalaktit dan stalakmitnya yang satu di antaranya bisa dibunyikan seperti gong.

Liputan6.com, Pacitan: Selain dikenal sebagai penghasil batu akik yang bagus, Pacitan, Jawa Timur, juga dikenal dengan objek wisata alamnya. Di antara objek wisata alam yang menjadi andalan Pacitan adalah Gua Gong.

Berdasarkan penelusuran SCTV, situasi di dalam Gua Gong selalu gelap. Namun hal ini tak mampu menutup keindahan dinding gua. Di cahaya temaram, dinding gua juga stalaktit dan stalakmitnya tetap tampak menawan.

Terletak di Desa Pule, Kecamatan Punung, Gua Gong ditemukan Mbah Noyo Semito dan Mbah Joyo. Ketika kemarau panjang, mereka mencari air di dalam gua. Mereka menelusuri lorong-lorong gua hingga menemukan beberapa sendang (kolam).

Penemuan itu terjadi 70 tahun silam. Namun gua baru dikelola pemda dan dibuka pada 1995. Para pengunjung rata-rata ingin menikmati keindahan ribuan stalaktit dan stalakmitnya yang satu di antaranya bisa dibunyikan seperti gong.

Untuk masuk ke Gua Gong, tak perlu merogoh kantong dalam-dalam. Hanya Rp 4.000 untuk anak-anak dan Rp 7.500 untuk dewasa. Biaya yang tak terlalu mahal menikmati keindahan gua sepuasnya dan mengagumi kebesaran penciptanya.(JUM)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.