Sukses

Sungai Meluap, Dua Rumah Amblas di Lebak

Dua rumah di amblas dan hanyut terbawa arus meluap kali Ciujung, Lebak, Banten. Belasan rumah lain di kawasan yang sama juga terancam bernasib sama.

Liputan6.com, Lebak: Dua rumah di amblas dan hanyut terbawa arus meluap kali Ciujung, Lebak, Banten, Selasa (19/1). Kedua rumah amblas yang tepatnya berada di bantaran kali Ciujung, Kampung Gagambiran, Desa Muara Dua, Kecamatan Cikulur, Lebak, kini tak berbekas. Hanya terlihat amblasan tanah dan gerusan sampah yang terbawa arus sungai.

Tak ada korban jiwa dalam peristiwa ini. Namun, selain dua amblas, belasan rumah lain di Kampung Gagambiran terancam bernasib sama. Rumah-rumah di bantaran kali itu sebetulnya memang tak layak dihuni. Pondasi rumah labil, bahkan beberapa di antaranya terkikis. Dinding sebagian rumah semi permanen warga juga retak-retak. Meski demikian warga memilih bertahan karena tak punya pilihan.

Berdasarkan pantauan SCTV, longsor mengancam pemukiman sepanjang bantaran kali Ciujung. Pemerintah Kabupaten Lebak pun mencatat kawasan rawan longsor di sepanjang bantaran sungai memanjang dari mulai Kecamatan Rangkasbitung, Cikulur, Cimarga, hingga Kecamatan Leuwidamar. Sejauh ini, evakuasi warga masih terganjal ketiadaan lahan baru untuk rumah warga.(ZAQ)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini