Sukses

Waduh, Sampah Jejali Pantai Kuta

Sejak pertengahan Desember lalu hingga saat ini, sampah menjejali kawasan Pantai Kuta, Bali. Sampah tersebut dibawa oleh arus air laut, akibat dampak embusan angin barat sejak bulan.

Liputan6.com, Kuta: Pantai Kuta, Bali tak menarik lagi? Boleh jadi, karena pantai yang menjadi lokasi favorit para wisatawan baik lokal maupun mancanegara ini dijejali tumpukan sampah. 

Sampah yang menjejali pantai favorit ini ternyata dibawa oleh arus air laut, akibat dampak embusan angin barat sejak bulan Desember lalu. "Petugas kami telah berupaya melakukan pembersihan tumpukan sampah yang mengotori pantai," kata Ketua Unit Satgas Pantai Kuta, I Gusti Ngurah Tresna di Kuta, Bali, sebagaimana dilansir Antara, Sabtu (16/1).

Menurut Gusti, dampak angin barat yang berembus sejak pertengahan Desember 2009 hingga kini telah menyebabkan sampah yang dibawa arus air laut itu berjejal menumpuk di pantai ini. Meski sudah ada satgas dan para pedagang yang membersihkan sejak pagi hingga sore, tambah Gusti, pihaknya tetap kewalahan menangani tumpukan sampah tersebut.

Ketua Unit Satgas ini juga menjelaskan, pihaknya telah mengerahkan sebanyak 33 petugas pantai, dibantu sekitar seribu pedagang yang berjualan di pantai berpasir putih ini. Untuk menyingkirkan tumpukan sampah, juga digunakan tiga alat berat (loader) dan satu kendaraan truk sampah.

Sampah yang menumpuk di antaranya bekas air minum, kotak rokok, plastik, dahan dan ranting berukuran besar dan kecil, potongan kayu. Ada juga akar pohon yang mengering, batang pohon pisang, serta sampah bekas rumah tangga. (ETA)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini