Sukses

Muktamar NU di Makassar Ditunda

"Ada dua pertimbangan sehingga diundur yakni faktor cuaca dan masyarakat NU masih berkabung atas wafatnya tokoh NU Gus Dur," kata panitia lokal muktamar NU.

Liputan6.com, Makassar: Muktamar Nahdlatul Ulama di Kota Makassar, Sulawesi Selatan, diundur pada Maret 2010 dari jadwal sebelumnya awal 2010. "Ada dua pertimbangan sehingga diundur yakni faktor cuaca dan masyarakat NU masih berkabung atas wafatnya tokoh NU Gus Dur," kata panitia lokal muktamar NU, Basyir Syam di Makassar, Senin (11/1) seperti dikutip ANTARA.

Basyir Syam mengatakan, terpilihnya Makassar sebagai tuan rumah merupakan suatu kehormatan, sehingga panitia, warga, serta simpatisan NU di daerah ini akan berusaha menjadi tuan rumah yang baik. "Ini untuk pertama kalinya muktamar diselenggarakan di wilayah Kawasan Timur Indonesia dan Kota Makassar mendapat kepercayaan sebagai tuan rumah," ujar Basyir.

Pada pertemuan akbar tersebut, lanjutnya, selain akan dilakukan pemilihan ketua umum, pembahasan juga akan fokus pada upaya membangun kerukunan antarumat beragama, termasuk membangun hubungan yang harmonis dengan lembaga Islam lainnya. Saat ini, Ketua Umum NU adalah Hasyim Muzadi.

"Organisasi berbasis keagamaan ini, akan bangkit kembali sebagai oganisasi yang besar yang dapat merangkul semua kalangan," katanya. Mengenai kesiapan akomodasi selama mukhtamar, ia mengatakan, pihaknya akan berkoordinasi dengan pengelola tempat yang dipilih termasuk menyiapkan sarana transportasi bagi peserta muktamar. Jumlah peserta muktamar diperkirakan ribuan orang dari 33 provinsi.(JUM)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.