Sukses

Demi Jadi Ikon Wisata Indonesia, Polman Berbenah

Pemerintah Kabupaten Polewali Mandar bertekad menjadikan Polman sebagai salah satu kota tujuan wisata di Tanah Air untuk menarik turis domestik dan asing. Berbagai situs wisata dibenahi dan beragam kesenian serta permainan tradisional setempat digalakkan.

Liputan6.com, Polewali: Demi menjadikan Kabupaten Polewali Mandar (Polman), Sulawesi Barat, sebagai salah satu kota tujuan wisata di Tanah Air untuk menarik turis domestik dan asing, pemerintah setempat mulai membenahi berbagai situs wisata lokal. Tidak hanya itu, beragam permainan tradisional setempat juga mulai digalakkan sebagai salah satu aset wisata budaya. Permainan engrang atau yang akrab dikenal majekka, misalnya. Berdasarkan pantauan SCTV, baru-baru ini kembali marak dijadikan hiburan rakyat di berbagai desa.

Lomba engran atau majekka yang digelar di Polman, Ahad (10/1), misalnya, cukup diminati warga. Terbukti, peserta permainan rakyat tersebut diikuti tidak hanya oleh kalangan remaja dan dewasa, tapi juga anak-anak.

Ratusan peserta dari berbagai kecamatan di Polewali tampak antusias menjadi pemenang lomba. Setiap peserta didampingi para pendukung yang mengawal mereka dari garis start hingga finis. Tidak sedikit pemain yang tidak berhati-hati terjatuh sebelum
memasuki garis akhir. Sejumlah pemain di antaranya bahkan mengalami cedera kaki dan tangan karena terjatuh akibat tidak bisa mengatur keseimbangan badan.

Permainan tersebut terbilang tidak mudah. Sebab, selain membutuhkan tenaga, dibutuhkan juga ketrampilan mengatur keseimbangan badan agar tidak jauh dari lintasan permainan. Maraknya berbagai permainan tradisional di pedesaan seperti gasing, mangasing, loggo, dan engran tidak hanya menjadi hiburan rakyat yang menarik, tapi diharapkan bisa menjadi aset wisata budaya di daerah tersebut.(BJK/ANS)


* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini