Sukses

"Gurita Cikeas" Dijual Keliling

Buku "Membongkar Gurita Cikeas" ternyata dijual secara berkeliling oleh mahasiswa di Solo. Sayang, harganya kemahalan, sehingga warga tidak berminat membelinya.

Liputan6.com, Solo: Langka dan menghilang di Jakarta, buku "Membongkar Gurita Cikeas" bisa ditemukan di jalanan Kota Solo, Jawa Tengah. Buku kontroversi yang ditulis George Junus Aditjondro itu, Kamis (7/1), dijual secara berkeliling oleh sejumlah mahasiswa dari Yogyakarta.

Menurut pengakuan Adi, salah seorang penjual, ia sengaja menjual secara berkeliling agar lebih mudah diketahui masyarakat. Sebab, tak satupun toko berani menjual buku itu. Termasuk toko buku dengan jaringan terbesar. Di Solo ia menjajakannya dengan menjajal sejumlah jalan utama.

Sayangnya, hingga Kamis siang, tak satupun buku yang dijajakan mahasiswa asal Kalimantan ini laku. Diduga, tidak ada pembeli yang berminat, karena harganya Rp 130.000 satu eksemplar. Padahal, harga aslinya di bawah Rp 50.000. 

Sebelum di Solo, Adi sudah menjual buku itu secara keliling di Semarang dan Yogyakarta. Di kedua kota ini, buku "Membongkar Gurita Cikeas" ini laris manis. Selain sempat menjadi buku kontroversi, juga karena tidak ditemukan di toko buku. Sayangnya, peruntungan Adi di Solo tak sebaik di Semarang dan Yogyakarta. (ETA)
 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini