Sukses

Jenang Krasikan, Dodol Khas Sukoharjo

Jenang Krasikan khas Sukoharjo, Jateng, laris manis diburu pengunjung sebagai oleh-oleh. Makanan ringan berbahan dasar beras ketan itu bentuknya seperti dodol.

Liputan6.com, Sukoharjo: Jenang krasikan akrab juga disebut kue ladu. Makanan ringan ini laris manis sebagai oleh-oleh khas Sukoharjo, Jawa Tengah. Apa yang membuatnya berbeda dari cemilan kebanyakan?

Bentuk kue ladu mirip dengan dodol. Bahan dasarnya beras ketan yang dicampur santan kelapa dan gula merah. Ketiga bahan itu dimasak dalam satu tungku. Lalu, dibentuk seperti adonan yang kemudian dicetak hingga dingin. Setelah semua proses dilakukan, adonan dipotong-potong sesuai selera.

Kue ini bentuknya sederhana, namun rasanya menggugah selera. Harganya pun tergolong murah, berkisar Rp 30-70 ribu, sesuai ukuran jenang yang dipesan. Jika Anda berminat, bisa memperolehnya ketika berkunjung ke Sukoharjo.(OMI/SHA)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini