Sukses

Warga Kanor Berharap Tanggul Cepat Selesai

Warga Kecamatan Kanor, Bojonegoro, Jatim, berharap tanggul sungai di desa mereka selesai sebelum banjir menerjang. Mereka khawatir intensitas hujan yang meningkat dan debit Bengawan Solo byang ertambah akan menenggelamkan kecamatan mereka.

Liputan6.com, Bojonegoro: Warga Kecamatan Kanor, Bojonegoro, Jawa Timur, berharap tanggul Sungai Bengawan Solo di desa mereka dapat selesai sebelum banjir menerjang. Mereka khawatir intensitas hujan yang meningkat dan debit Bengawan Solo yang bertambah akan menenggelamkan kecamatan mereka.

Pantauan SCTV, Ahad (27/12), pembangunan tanggul di sepanjang daerah aliran sungai di Kecamatan kanor mencapai 17,8 kilometer. Ketinggian bahu tanggul tiga meter, lebar permukaan empat meter, dan lebar kaki tanggul 24 meter dengan kemiringan 1:2 meter sehingga diharapkan mampu menahan luapan Bengawan Solo.

Konstruksi tanggul dibuat sedemikian rupa agar dapat melindungi permukiman warga di belasan desa serta ratusan hektare lahan pertanian. Warga trauma dengan banjir tahun sebelumnya. Sekitar belasan rumah hanyut terbawa banjir karena tanggul di desa mereka tidak kuat menahan derasnya luapan sungai. Kecamatan Kanor menjadi daerah dengan kerusakan paling parah.(YNI/AYB)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.