Sukses

Sungai Kabulong Meluap, Ratusan Rumah Terendam

Hujan deras selama beberapa jam menyebabkan Sungai Kabulong di Mamuju, Sulbar, meluap dan menggenangi pemukiman. Banjir juga terjadi di Lahat, Sumsel, dan Jambi.

Liputan6.com, Mamuju: Ratusan rumah terendam banjir hingga satu setengah meter di Kecamatan Kalukku, Mamuju, Sulawesi Barat. Hujan deras selama beberapa jam pada Jumat (25/12), menyebabkan Sungai Kabulong meluap dan menggenangi pemukiman.

Ratusan hektar lahan pertanian dan tambak di sekitar sungai juga terendam. Selain itu, aktivitas warga lumpuh total karena sejumlah jalan antar desa terputus. Kerugian diperkirakan mencapai miliaran rupiah.

Sementara itu, banjir bandang memporakporanda delapan desa di Kecamatan Kikim Selatan, Kabupaten Lahat, Sumatera Selatan. Hujan deras yang mengguyur menyebabkan Sungai Pangi dan Sungai Lingsing meluap. Bahkan ketinggian air mencapai tiga setengah meter [baca: Bah Rendam Delapan Desa di Lahat].

Banjir juga masih menggenangi sebagian wilayah Kota Jambi. Tidak hanya menerjang kawasan perumahan, banjir sudah melebar ke sekolah dan areal pertanian serta perkebunan sawit. Warga Kota Jambi khawatir, banjir akan merendam rumah mereka. Pasalnya, selain debit air Sungai Batanghari makin tinggi, hingga kini pemerintah setempat belum melakukan langkah apa pun untuk menanggulangi banjir.(TES/SHA)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini