Sukses

Gus Dur Dijadwalkan Cuci Darah di RSCM

Mantan Presiden Abdurrahman Wahid atau Gus Dur dijadwalkan menjalani cuci darah di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo setibanya di Jakarta, hari ini.

Liputan6.com, Jakarta: Mantan Presiden Abdurrahman Wahid atau Gus Dur dijadwalkan menjalani cuci darah di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) setibanya di Jakarta, Jumat (25/12). Ajudan pribadi Gus Dur, Bambang Susanto, mengatakan kondisi Gus Dur sudah membaik dan segera menjalani cuci darah rutin di RSCM [baca: Gus Dur Batal Dirujuk ke Surabaya].

"Cuci darah ini rutin dilakukan beliau tiap hari Jumat jadi tidak terkait masuknya beliau di RS Jombang, Kamis malam," kata Bambang seperti dikutip ANTARA. Gus Dur masuk rumah sakit di Jombang, setelah melakukan ziarah ke makam KH Bisri Syamsuri dan mengunjungi beberapa pesantren di Jombang.

Pengasuh Pondok Pesantren Tambak Beras K.H. Fadlullah Malik yang mendampingi Gus Dur, mengatakan, kondisi Gus Dur sedang sakit dan kadar gula darahnya turun. Ia mengatakan pula, setelah ziarah ke makam salah satu tokoh pendiri Nahdlatul Ulama, Bisri Syamsuri, Gus Dur berencana pergi ke Pesantren Tambak Beras.

Namun, sebelum berziarah ke makam Kiai Fatah, kesehatan Gus Dur turun. "Gus Dur memang sering sakit seperti ini. Mudah-mudahan saja, Gus Dur cepat diberi kesembuhan oleh Allah," katanya. Sejak berangkat ke Jombang, imbuh dia, kesehatan Gus Dur sudah menurun. Bahkan, saat berangkat dari Jakarta, dia sempat dirawat di rumah sakit.

"Saat dirawat di Rumah Sakit Jakarta, tiba-tiba Gus Gur minta diantar ziarah ke Rembang, Jawa Tengah, dan Jombang. Usai dari Rembang belum ada kejanggalan," katanya. Namun, lanjut Fadlulah, usai ke Pondok Pesantren Tambak Beras, sekujur tubuh Gus Dur dingin. "Akhirnya kami berinisiatif membawa Gus Dur ke RSUD Jombang," katanya.(JUM/ANS)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.