Sukses

Banjir Bandang Landa Tolitoli, Akibat Hujan Deras

Setiap diguyur hujan deras, Tolitoli selalu dilanda banjir bandang. Tak ada upaya pemerintah mengatasi banjir bandang yang disebabkan sistem drainase yang buruk dan daerah resapan air tertutup.

Liputan6.com, Tolitoli: Hujan deras yang mengguyur sejak Senin (21/12) petang, membuat Kota Tolitoli, Sulawesi Tengah dilanda banjir bandang. Penyebabnya, karena Sungai Tuweley meluap. Bahkan, hingga Selasa (22/12) siang, air Sungai Tuweley masih meluap, sehingga merendam puluhan rumah yang berada di sepanjang sungai ini.

Ketinggian air di pekarangan rumah warga mencapai lutut orang dewasa. Selain itu, air juga menggenangi sejumlah ruas jalan utama dan perkantoran. Kawasan yang paling parah terendam adalah Kelurahan Tuweley. Kendati rumah warga juga  terendam, mereka memilih bertahan dan tidak mengungsi, khawatir isi rumahnya dijarah orang tak dikenal.

Burhanuddin, warga Tuweley mengungkapkan, banjir bandang bukan kali ini saja terjadi, tapi tiap kali musim hujan. Penyebabnya karena sistem drainase yang buruk serta tertutupnya daerah resapan air akibat pembangunan fisik. Hingga kini belum ada upaya dari pemerintah setempat untuk mengatasi penyebab banjir bandang, saat diguyur hujan dengan curah yang cukup tinggi. (ETA)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini